Kapolres Gowa Dampingi Kapolda Sulsel Dalam Peresmian Revitalisasi Makam Arung Palakka dan Makam Karaeng Pattingaloang

Uncategorized20 Dilihat

Kapolres Gowa Dampingi Kapolda Sulsel Dalam Peresmian Revitalisasi Makam Arung Palakka dan Makam Karaeng Pattingaloang

Sangrajawali News- Kapolres Gowa AKBP R.T.S Simanjuntak, S.H., S.I.K., M.M., M.I.K. dampingi Kapolda Sulsel, Irjen Pol Andi Rian R.Djajadi, S.I.K, meresmikan revitalisasi situs cagar budaya Makam Arung Palakka dan Makam Karaeng Pattingaloang yang berlokasi di Jalan Bontobiraeng Kelurahan Katangka Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa, Rabu (17/04/2024).

Acara ini turut dihadiri oleh Pj. Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, M.Si, Ketua DPRD Provinsi Sulsel, Bupati Gowa Adnan Purichta, YL, Pj. Bupati Bone Drs. Andi Islamuddin, M.H, Ketua DPRD Gowa, Dandim 1409 Gowa, Kajari Gowa, Ketua Pengadilan Negeri Sungguminasa, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sulsel.

Turut hadir pula, PJU Polda Sulsel, PJU Polres Gowa, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gowa, Balai Pelestarian Cagar Budaya Wilayah XIX Sulsel, Camat Somba Opu, Lurah Katangka, Gaukang Taeng (Kelompok Pemerhati Budaya), Karpet Kuning (Kelompok Pemerhati Budaya) serta Tim Ahli Cagar Budaya Kabupaten Gowa bersama dengan tamu undangan penting lainnya.

Dalam upaya pelestarian warisan budaya dan sejarah Sulawesi Selatan, Kapolda Sulsel bersama Kapolres Gowa serta instansi terkait lainnya menyatukan langkah dalam menjaga keaslian serta keberlangsungan makam-makam tersebut.

Dalam sambutannya, Kapolda Sulsel menekankan pentingnya melestarikan warisan budaya sebagai bagian dari identitas dan kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan, “Revitalisasi makam ini bukan hanya sebagai upaya kosmetik, tetapi juga sebagai wujud komitmen kita untuk menjaga dan menghormati para leluhur yang telah berjasa bagi daerah ini,” ujar Kapolda Sulsel.

Selain membersihkan dan merawat makam-makam tersebut, upaya revitalisasi juga meliputi penataan lingkungan sekitar makam, agar menjadi tempat yang layak untuk dikunjungi oleh masyarakat lokal maupun wisatawan.

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Andi Rian R.Djajadi, S.I.K, berharap revitalisasi ini dapat menjadi magnet bagi wisata sejarah di Sulawesi Selatan dan khususnya di Kabupaten Gowa, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan pariwisata daerah,” tambah Kapolda Sulsel.

Peresmian revitalisasi ini juga dihadiri oleh tokoh masyarakat setempat, para pemangku adat, serta perwakilan dari pemerintah daerah. Langkah ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam menjaga dan memperkenalkan warisan budaya serta sejarah yang dimiliki oleh Indonesia.

Tidak hanya itu, dalam acara tersebut juga dilakukan kegiatan bakti sosial dengan pemberian bantuan sembako kepada anak-anak panti asuhan dan fakir miskin, menunjukkan komitmen untuk membantu mereka yang membutuhkan di tengah masyarakat.

Peresmian revitalisasi makam Arung Palakka dan Karaeng Pattingaloang diakhiri dengan pengguntingan pita oleh Kapolda Sulsel, menandai dimulainya babak baru dalam memelihara warisan budaya dan sejarah Sulawesi Selatan.
(Rosmiani)

Humas Polres Gowa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *