Mimpi Itu Hampir Nyata, Geothermal Bonjol Dieksplorasi November

News45 Dilihat

Sangrajawalinews.com | Pasaman –  Plt sekda Pasaman Yasri Uripsyah mewakili.Bupati Pasaman pimpin rapat Monitoring dan evaluasi RKAB penugasan survey pendahuluan dan ekplorasi panas bumi dalam rangka pengawasan progres pelaksanaan PSPE bonjol dilapangan dan kordinasi dengan Pemerintah kabupaten Pasaman di ruang rapat sekda, senin 27 mai 2024 ,

Progres pembangunan Pembangkit Listrik Geothermal Bonjol, terus berjalan sesuai yang diharapkan. Pihak Medco Geothermal Sumatera selaku perusahaan yng mendapatkan penugasan eksplorasi dari pemerintah, mengaku bahwa masyarakat Bonjol sangat mendukung rencana pembangunan pembangkit listrik di Bumi Khatulistiwa Bonjol.

“Memang ada sedikit dinamika di lapangan, namun sepanjang proses yang sudah dilalui, pembangunan Pembangkit Listrik Energi Panas Bumi yang pernah ada, di Bonjol inilah yang paling lancar pelaksanaanya. Kami sangat mengapresiasi masyarakat Bonjol, dalam menyikapi kemajuan dan investasi yang masuk ke daerahnya,” ujar Pandu Ismutadi, ST., M.Ak., selaku Koordinator Penyiapan Program Panas Bumi,

Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia.

Pandu mengaku, kunjungannya ke Pasaman bersama tim dari Kementrian ESDM, untuk melihat secara langsung progres dan tahapan yang sudah berjalan, dalam tahapan pembangunan pembangkit listrik Energi Panas Bumi Bonjol.

Menurutnya, jika tahapan berproses sesuai schedule, maka pada November 2024 ini, sudah bisa dilakukan eksplorasi, berupa pengeboran sumur untuk mengetahui seberapa besar energi panas bumi yang ada, sekaligus mengukur berapa mega watt daya listrik yang bisa dihasilkan.

“Ini investasi padat modal yang bisa membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat Pasaman umumnya,” ungkap Pandu.

Hal ini terungkap dalam rapat evaluasi gabungan antara pihak Kementerian ESDM, PT Medco Geothermal Sumatera dan Pemerintah Kabupaten Pasaman, di ruang Sekdakab Pasaman, Senin (27/5).

Dari Kementerian ESDM, selain Pandu Ismutadi,. juga hadir Andi Susmanto, ST., MSi., selaku Subkoordinator Penyiapan Evaluasi Wilayah Kerja Panas Bumi, serta Dini Paradigma, ST., Agri Saputra, ST dan Rokhimi Utami, ST selaku inspektur Panas Bumi Ahli Muda.

Sementara itu, Site Manajer PT Medco Geothermal Sumatera, memaparkan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi langsung ke masyarakat, khususnya di lokasi rencana pembangunan jalan dan pengeboran sumur di Nagari Ganggo Hilir, Kecamatan Bonjol.

“Sekarang kita sudah masuk tahapan pembebasan lahan untuk pembukaan badan jalan. Infrastruktur ini nantinya menjadi akses bagi mobilitas alat-alat pengeboran sumur pada tahap eksplorasi nantinya.

Dalam kesempatan itu, Pihak PT. Medco Geothermal Sumatera dan EBTKE menyampaikan terimakasih kepada Bupati Pasaman Sabar AS, yang sudah memfasilitasi dan mendukung investasi penugasan survei pendahuluan dan eksplorasi (PSP-E) pembangkit listrik energi panas Bumi di Kecamatan Bonjol.

Sekda Pasaman Yasri Uripsyah, dalam rapat tersebut menyampaikan bahwa Bupati Sabar AS telah menegaskan, bahwa Pemkab Pasaman siap mendukung sepenuhnya pembangunan pembangkit listrik energi panas bumi di Bonjol.

“Jika ada kendala di lapangan, Pemkab Pasaman siap membentuk tim gabungan, mulai dari OPD, kecamatan dan nagari, guna memfasilitasi seluruh tahapan proses persiapan dan pembangunan geotermal Bonjol,” imbuh Sekda Yasri. ( Ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *