Hadiri Upacara Hari Lahir Pancasila 2024, Dandim Tangerang:Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045

Daerah19 Dilihat

sangrajawalinews.com – Kodam Jaya Tangerang – Komandan Kodim 0506/Tangerang Kolonel Inf Endik Hendra Sandi S.Sos M.I.Pol bersama Forkopimda hadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang diselenggarakan di Lapangan Alun-alun Ahmad Yani Jl. Mayjend Sutoyo Kel Sukarasa Kec Tangerang Kota Tangerang, Sabtu (01/06/2024).

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini dengan “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”,diikuti ±200 personil dari unsur Kodim 0506/Tangerang, Polres, Satpol PP, BPBD, Dishub, PGRI Kota Tangerang dan anggota Korps.

Dalam amanatnya, Dr. Nurdin, S.Sos.,MSi, selaku Pejabat Walikota Tangerang, menyampaikan bahwa hari ini adalah hari lahir Pancasila dan juga hari pertama kali diperkenalkannya Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

“Peringatan Hari Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila jiwa pemersatu bangsa menuju Indonesia emas 2045″, yang mengandung makna bahwa Pancasila mampu menyatukan bangsa Indonesia yang memiliki perbedaan dalam Suku, Agama, Budaya, dan Bahasa dalam mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi negara yang maju dan mandiri dalam 100 tahun ke depan.” jelasnya.

Ia juga menyampaikan, bahwa Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya menjadi pedoman bagi kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

“Nilai-nilai luhur Pancasila seperti toleransi dan gotong royong dalam keberagaman adalah berkat yang dilanjutkan dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.jelasnya.

Nilai-nilai Pancasila terlihat dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Hal ini terbukti mampu mempersatukan bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan, sehingga hingga saat ini, Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

“Pancasila sebagai pondasi dasar bangsa Indonesia patut diapresiasi. Kami juga patut bersyukur dan berbangga bahwa bangsa Indonesia telah menjadi bangsa yang dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa, dan bernegara. Kami harus bersyukur dan berbangga telah melewati pemilihan umum yang demokratis secara aman dan damai demi tegaknya kedaulatan rakyat, konstitusi, serta persatuan dan kesatuan bangsa.”tutupnya diakhir amanatnya.

Sementara itu, Dandim 0506/Tgr menyampaikan bahwa Pancasila sebagai ideologi negara merupakan suatu keharusan untuk dipahami, dipelajari, dan diimplementasikan oleh setiap warga negara Indonesia.

“Sebagai warga negara, kita harus mampu memahami dan mempraktikkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, seperti gotong royong, menghormati perbedaan, serta mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi. Dalam membangun negara yang maju, Pancasila menjadi landasan penting dalam meraih kemerdekaan, keadilan, dan kesetaraan bagi seluruh warga negara Indonesia.” katanya.

Selain itu, Dandim juga mengajak warga negara untuk bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa sebagai kesinambungan generasi ke generasi. Pancasila sebagai roh dan jiwa bangsa Indonesia harus tetap kita jaga, tanpa memandang latar belakang suku, agama, dan budaya.

“Semangat peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat menjadi pembangkit semangat bagi seluruh warga negara Indonesia untuk selalu mengutamakan persatuan dan kesatuan, serta siap berkontribusi untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia menuju Indonesia emas 2045,” pungkasnya.

Turut hadir, Dr. Nurdin, S.Sos.,MSi PJ Walikota Tangerang, Kolonel Inf Endik Hendra Sandi S.Sos M.I.Pol Komandan Kodim 0506/Tangerang, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho SH.,S.I.K,.M.Si Kapolres Metro Tangerang Kota, Gatot Wibowo Ketua DPRD Kota Tangerang, AKBP Dr Josephin Vivick Tjangkung, S.Sos., M Ikom Kepala BNN Kita Tangerang, Drs. H Herman Suwarman Sekda Kota Tangerang, Dimas Bayu Suharno, S.H., M.H Jaksa Fungsional pada Bidang Intelijen Kejaksaan Negeri Kota Tangerang mewakili Kajari, Ibu Yang Ariani, S.Ag., M.H Wakil Ketua Pengadilan Agama Tangerang, Dr. Fahmiron, S.H., M.Hum Ketua PN Tangerang, Mayor Inf Rully Simson H. Panjaitan Wadanyonif 203/Ak, Wawan Fauzi, SE.,S.Kom.,MM Kasatpol PP kota Tangerang, Sutikno, S.H Ketua FKDM Kota Tangerang, Para OPD dan SKPD Kota Tangerang.

Sumber Kodim 0506/Tangerang

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *