AWDI Kabupaten Pandeglang Resmi Dibentuk Dan Deklarasi

Daerah23 Dilihat

sangrajawalinews.com – PANDEGLANG– Aliansi Wartawan Demokrasi Indonesia (AWDI) Kabupaten Pandeglang , terbentuk dan telah melaksanakan Deklarasi.

Kegiatan itu, dilaksanakan di Desa Sidamukti Kecamatan Sukaresmi , Kamis (13/06/2024).

Ketua AWDI DPC Kabupaten Pandeglang, Ade Matroji, mengatakan, sebagai bentuk kepedulian Jurnalis terhadap upaya peningkatan profesionalisme serta komitmen mendukung pembangunan Kabupaten Pandeglang yang sehat cerdas dan sejahtera, berdasarkan fungsi jurnalis maka itulah yang melatarbelakangi kami untuk melaksanakan deklarasi ini.

“Sebab profesi wartawan adalah profesi yang sangat strategi, sebab peran wartawan dalam menjawab kebutuhan informasi telah banyak diperhitungkan diberbagai kalangan elemen masyarakat luas terutama dalam mensukseskan pembangunan di Pandeglang ini ”tegas Ade.

“Sebagai insan pers, wartawan itu dilihat dari karya tulisnya, Karya tulisan itulah yang bisa memposisikan profesi wartawan yang dibutuhkan di masyarakat,”katanya.

Dikatakan Jaka Somantri Sekertaris AWDI DPC Kabupaten Pandeglang mengatakan bahwa wartawan itu adalah mencari informasi untuk dijadikan bahan berita untuk disebarkan ke publik secara positif.

“Informasi yang ditulis wartawan tentunya harus dilandasi kaidah kode etik, yakni sesuai fakta yang ada,”pungkasnya.

Jaka Juga menambahkan banyak hal yang perlu di kabarkan atau di informasikan seperti pembangunan, pelayanan publik, informasi tentang kinerja Pemerintahan dan penyampaian kabar lainya yang bermanfaat untuk di kosumsi oleh publik.

“Itu adalah bagian yang harus diketahui oleh masyarakat. Sehingga masyarakat pun akan turut melakukan kontrol terhadap kinerja Pemerintahan dan wartawanlah yang menyiarkan informasi itu,” tambahnya.

Hal yang sama diungkapkan oleh Yoki Perdiansyah selaku Wakil ketua AWDI mengatakan bahwa, Kehadiran Aliansi Wartawan Demokrasi Indonesia (AWDI) di kabupaten Pandeglang, ingin kiranya membangun wadah kebersamaan dengan tujuan kekompakan dan saling sharing dalam melakukan tugas-tugas Jurnalistik, yang bisa dijadikan sebuah acuan sumber informasi yang bisa dipertanggungjawabkan.

“Dalam wadah inipun, kami kedepannya secara berjenjang ingin membangun rutinitas diskusi pencerahan diantara kami, yakni, diskusi publik, pematangan keilmuan jurnalistik, pengkajian terhadap persoalan sosial dan diskusi yang berhubungan dengan isu terpopuler, khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Pandeglang ini,”pungkasnya.

Acara deklarasi AWDI tersebut, dihadiri Rekan-rekan pers dari berbagai media cetak dan elektronik. (Tim/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *