SMA Negeri 21 Makassar Pionir Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Dengan Semboyan “Berkarakter Hebat, Peduli Berkarakter Pancasila”

Daerah209 Dilihat

SangrajawaliNews.Com | Makassar, Sulawesi Selatan – SMA Negeri 21 Makassar, yang beralamat di Jl. Bumi Tamalanrea Permai No.1A, Tamalanrea, Kec. Tamalanrea, Kota Makassar, di bawah kepemimpinan Andi Ernawati, S.Pd., M.Pd., Ph.D., telah menjadi salah satu sekolah penggerak yang memulai pelaksanaan Kurikulum Merdeka sejak tahun 2021. Sejak terpilihnya Andi Ernawati sebagai kepala sekolah penggerak, sekolah ini mulai menerapkan kurikulum inovatif ini yang diperkenalkan oleh Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Di Kota Makassar, terdapat empat sekolah yang berhasil mengimplementasikan program ini, yaitu SMA 21, SMA 2, SMA 4, dan SMA 9. Hingga tahun ketiga, implementasi Kurikulum Merdeka telah berjalan dengan baik di SMA 21. Memasuki tahun keempat, SMA 21 diberikan mandat oleh Kementerian Pendidikan melalui Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) dan Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) untuk melaksanakan program pengimbasan kepada minimal dua atau tiga sekolah lainnya.(2/8/2024)

SMA 21 Makassar ditugaskan untuk melakukan pengimbasan kepada tiga sekolah, yaitu SMA Negeri 23 Makassar, SMA Citra Mulia Makassar, dan SMA Makassar Mulia. Kepala Sekolah Andi Ernawati menyampaikan bahwa sekolahnya telah mengadakan pertemuan awal untuk membahas rapor pendidikan dan merencanakan kegiatan seperti pelatihan, pendampingan, penguatan komunitas belajar, dan refleksi.

Kegiatan pelatihan ini dijadwalkan berlangsung pada tanggal 3 dan 4 Agustus, dengan tim dari SMA 21 yang terdiri dari tujuh orang, termasuk tiga panitia, yang akan mengunjungi SMA 23 sebagai tempat pelatihan. SMA Makassar Mulia dan SMA Citra Mulia juga akan turut serta dalam pelatihan ini, dengan total sekitar 50 peserta.

Tema pelatihan kali ini adalah “Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka,” mengingat SMA Makassar Mulia sudah memasuki tahun kedua sebagai sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka. SMA Negeri 21 Makassar terus berkomitmen untuk mengembangkan karakter hebat, peduli, dan berkarakter Pancasila dalam setiap langkahnya.tutur

Andi Ernawati, S.Pd., M.Pd., Ph.D., Kepala Sekolah SMA Negeri 21 Makassar, yang beralamat di Jl. Bumi Tamalanrea Permai No.1A, Tamalanrea, Kec. Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

(Rosmiani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *